Senin, 29 Agustus 2016

Resep membuat pempek

Resep Membuat Pempek Palembang Asli Sangat Enak - salah satu sajian kuliner nusantara yang sangat di nikmati dalam kesehariannya. Selain jadi menu andalan buat jajan tapi makanan pempek bisa mengenyangkan karena terbuat dari bahan-bahan yang padat akan karbohidrat. Apalagi jika makan pempek jenis kapal selam karena ada isi telur, pasti makan satu saja sudah kekenyangan.

Ada beberapa jenis macam pempek seperti pempek kulit, pempek adaan yang berbentuk bulat-bulat, lenjer dan masih banyak lainnya. Ketika anda mencoba membuatnya sendiri dirumah ada sensasi yang berbeda dari pada beli yang sudah jadi. Di kalimantan tepatnya kota kandangan ada penjual pempek yang sukses dan sangat disukai orang pempek buatannya. Meskipun asal palembang namun makanan ini pas buat lidah semua masyarakat indonesia untuk segi rasanya.

Resep Pempek

Sediakan terlebih dahulu bahan pempek seperti berikut.
- 300 gram ikan tenggiri, haluskan
- 1/4 sdt penyedap rasa
- 2 sdt garam
- 1 siung bawang putih, haluskan
- 250 mili liter air
- 125 gram tepung terigu, berprotein sedang
- 2 butir telur
- 1 sdt gula pasir
- telur untuk isian
- 200 gram tepung tapioka/sagu

Sediakan bahan cuka nya juga agar lebih enak
- 50 gram air asam jawa
- 2 sdm ebi kering yang dihaluskan
- 250 gram gula merah/aren
- cabai rawit haluskan, jumlahnya sesuaikan dengan selera tingkat pedas anda
- 200 gram bawang putih iris dan cincang halus
- 1 liter air
- buah timun, kupas dan potong kecil-kecil

Membuat cukanya seperti ini
Rebus air bersama asam jawa, gula merah. tunggu hingga mendidih.Jika sudah mendidih masukkan cabe rawit, garam, bawang putih. Aduk hingga semuanya tercampur rata.Terakhir angkat dan campurkan dengan ptongan buah timun.
Cara membuat pempek khas palembang
Pertama-tama didihkan air dan tambahkan garam, penyedap rasa, bawang putih, tepung terigu, gula pasir. Aduk hingga merata dan adonan jadi kental banget. Lalu dinginkan.Jika sudah dingin tambahkan telur dan ikan tenggiri, uleni hingga adonan terasa lembut dan halus.Kemudian tambahkan tepung sagu dan aduk rata, uleni secara perlahan saja dan jangan biarkan tepung sagunya tercampur rata. Jika terasa lengket dan susah dibentuk maka tambahkan sedikit tepung sagu lagi agar adonan mudah di bentuk.Panaskan air untuk merebus, lalu ambil adonan empek-empuk, bentuk menjadi bulat pipih dan isi telur. Kemudian bentuk seperti layaknya pempek kapal selam.Masukan adonan tersebut ke dalam air yang sudah mendidih, rebus hingga mengapung dan terasa matang adonan serta isi telurnya. Angkat dan tiriskan.Goreng adonan saat anda ingin menyajikannya, karena lebih enak saat panas-panas dan menyantapnya lebih sedap dengan cuka.
Pokoknya mantap banget deh resep pempek palembang yang barusan anda simak, kalau anda bikin pempek maka wajib juga bikin cukanya. Rasanya kalau makan pempek tanpa cuka sudah pasti akan terasa hambar, jadi untuk itu anda harus pelajari baik itu membuat adonan pempek serta bagian cukanya juga perlu anda ketahui dengan jelas. Salam suka masak buat yang hobi memasak setiap harinya. Baca juga Resep Cireng dan Resep Es Krim.

Diposkan oleh Laily Inayati di 18.09 

Label: Aneka Gorengan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar