Senin, 29 Agustus 2016

Cara membuat es cincau hijau

Saat panas terik di siang hari, rasanya ingin minum sesuatu yang segar-segar untuk pelepas dahaga yang kering. Setelah setengah hari bekerja di tempat yang sumpek, alangkah segarnya jika duduk di tempat yang sejuk sambil menikmati minuman yang begitu juga menyegarkan. Salah satunya es cincau, cincau ada dua macam warna, yaitu cincau hijau dan cincau hitam, yang sering dijajakan untuk pelengkap es campur di jalanan.

Mengkonsumsi cincau ini tidak hanya sebagai pelepas dahaga, tetapi juga berkhasiat untuk menyembuhkan tekanan darah tinggi, rasa nyeri di perut, dan tenggorokan panas dalam. Tentunya konsumsi cincau yang terbuat dari bahan alami. Cara membuat cincau yaitu dengan menggunakan bahan alami, seperti daun cincau yang banyak tumbuh di sekitar rumah. Dalam artikel ini saya akan memberikan resep membuat cincau alami yang menyehatkan.

Bahan untuk membuat cincau

100 helai daun cincau hijau (daun yang belum tua)100 ml air matang

Cara membuat cincau

Rendam daun cincau sekitar 1 menit, kemudian cucilah hingga bersihAngkat daun cincau dan tiriskanMasukkan daun cincau ke dalam baskom dan tambahkan air secukupnyaRemas-remas semua daun cincau dengan kuat hingga keluar gel hijau dari daunTampung semua air perasan daun tersebutSiapkan baskom lain, kemudian saringlah semua perasan daun menggunakan saringanDiamkanlah air saringan itu di tempat yang relatif dingin hingga air mengental berbentuk seperti agar-agar

Dengan cara yang mudah dan menggunakan waktu yang singkat, cincau hijau alami sudah jadi. Dalam penyajiannya, cincau disajikan dengan campuran es dan bahan segar lainnya. Cara membuat es cincau segar akan saya ulas dalam artikel ini.

Bahan dan Cara Membuat Es Cincau Segar

Bahan-bahan

Cincau hijau1 liter santanGaram halus secukupnya150 gram gula merah100 ml air matang4 helai daun pandanEs secukupnya

Cara pembuatan

Rebuslah santan hingga mendidih, dan masukkan 3 helai daun pandan beserta garam halus secukupnya dengan api sedangAduk hingga rata, dan jangan sampai santan tidak menggumpalRebus air, masukkan gula merah dan satu helai daun pandan di panci lain hingga gula larut dan aduk hingga rataAmbil dan potong cincau sesuai selera dan masukkan ke dalam gelas sajiTambahkan es yang sudah diserut, dan siram dengan santan beserta rebusan gula merah di atasnyaEs cincau segar siap minum.

Begitulah cara membuat cincau dan menyajikannya dengan es. Rasa manis dan segar dengan siraman santan membuat citra cincau yang segar membuat kenikmatan yang lebih bagi pecinta cincau. Baca artikel kami lainnya seperti Cara Membuat Cireng Khas Bandung Enak dan Lezat dan juga Resep Membuat Puding Mangga Enak Lembut dan Kenyal.

Jadi jangan sampai melewatkan untuk membuat sajian minuman yang menyegarkan nan alami ini, ya. Selamat berkreasi, terima kasih dan semoga bermanfaat sobat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar