Sabtu, 27 Agustus 2016

Cara merawat biola


Ok teman teman ane mulai ye.... dari blogspot itu menyebutkan violinist banjarkan?. beberapa dari kalian mungkin bingung kan apaan sih hubungannya pemain biola dengan banjarmasin. well..., sebenarnya ane adalah pemain biola klasik dari banjarmasin tapi ane masih belajar ( bisa dibilang belum bisa sih wkwkwk ). Pada sesi ini ane akan membagikan buat ente ente gimana cara merawat biola yang bener :

Pertama : 

Jaga terus tuh biola dari tempat yang terlalu terlalu kering karena bakal membuat sambungan pada biola elu pada retak... disarankan untuk menggunakan alat yang dapat melembabkan biola tersebut.

Kedua :

Atur selalu keadaan kelembapan dalam case biola kamu tetap pada ukuran yang pas karena kalau terlalu lembab, dapat membuat biola dihinggapi jamur.

Ketiga :

Jika ingin memulai bermain biola ada baiknya diatur terlebih dahulu rambut pada bow dengan memutar sekrup bow (INGAT jangan terlalu bersemangat ya memutarnya) disarankan jarak antara bow dengan rambutnya kira kira sebesar diameter pensil.

Keempat :

Ini yang perlu kalian perhatikan dalam memegang bow. Hindari tangan dari memegang rambut bow ente, karena biasanya kulit kita menghasilkan keringat dan hal tersebut mempengaruhi bow dalam menghasilkan nada.

Kelima :

 Kalau ingin bermain biola pastikan bow diberikan rosin. Rosin?!! Apaan tuh? rosin adalah benda yang berfungsi untuk membuat rambut pada bow tetap kesat. Ini nih.. contoh gambarnya 


Caranya dengan menggosok rambut bow dengan rosin dengan satu arah. jangan terlalu sedikit karena suara yang dihasilkan sedikit pula. Sebaliknya juga jangan terlalu banyak karena dapat membuat suara menjadi lebih berat.

Keenam :

Nah.. biasakan setelah selesai bermain biola, kendurkan lagi rambut pada bow kalian.

Ketujuh :

Jangan lupa bersihkan senar dari serbuk rosin menggunakan kain yang bersih dan lembut. Ada pula yang ane denger menggunakan kapas kemudian diberi minyak kayu putih.

Kedelapan :

Kalau pada body biola terdapat serbuk rosin gunakan kain bersih kemudian jika ingin lebih bersih menggunakan semir khusus biola bila diperlukan. Apabila serbuk tersebut telah lama tidak dibersihkan maka akan lengket, mengeras, dan kotor. Jika terlanjur begini, gunakan kapas yang diberi minyak kayu putih, namun berhati hatilah karena beberapa biola ada yang tidak tahan sehingga pernisnya menjadi luntur. Sangat tidak dianjurkanmembersihkannya dengan air, karena air tidak dapat membersihkan justru malah akan memperparah *pengalaman admin:(

Kesembilan :

Setelah selesai bermain biola jangan dibiarkan saja. Sebaiknya masukkan ke dalam casenya dan tutup dengan rapat.

Kesepuluh :

Dalam menyetem senar perlu hati hati dan penuh perasaan jika tidak senar akan mudah putus, tidak hanya itu yang membuat senar kamu putus, hal lain yang dapat membuat senar putus adalah jembatan biola ( bridge ) yang terlalu tajam, baut terlalu tajam, dan kualitas senar yang kurang baik.

Kesebelas :

Bila memindahkan bridge pada biola perlu diperhatikan, karena bridge kamu sudah diatur pada posisi dan tekanan yang pas.

Kedua belas :

 Jangan biarin biola kamu berada di tempat yang terkena sinar matahari berlama lama soalnya kemungkinan pernis biola kamu bakal leleh.

Ketiga belas :

Terus jaga biola kamu dari suhu yang pas, jangan terlalu panas atau terlalu dingin.

Keempat belas :

Nah..... ane pernah baca sih katanya untuk beberapa saat keluarin biola dan digantung dengan posisi terbalik. Hal ini karena kalau digantung biasa maka body biola yang lebih berat akan membebani ganggang biola, jadi jika posisi dibalik maka resiko dapat diminimalisir.

Kelima belas :

Bagaimanapun biola kamu harus dimainkan secara terus menerus tidak hanya dirawat saja karena untuk menghasilkan suara yang bagus tidak hanya dari bagaimana perawatannya namun juga latihan terus menerus dari sang violist.

Gimana ? udah mulai capek membaca postingan ini ? tenang aja udah mau seleai kok. Kesimpulannya rawat biola ente kayak pacar kedua lu. Bukan dibawa ngedate ya.... Oke, terima kasih telah membaca posting ini mudah mudahan bermanfaat dan dapat diaplikasikan serta dapat dishare ke kerabat maupun keluarga kalian. Dan jika ada yang ingin menambahkan, memberi saran atau kritik serta pertanyaan Insya Allah akan saya jawab dengan silahkan leave comment ente.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar