Senin, 29 Agustus 2016

Resep membuat model khas Palembang

Resep Pempek Model Ikan Khas Palembang Sederhana Spesial Asli Enak. Model disini bukan bintang iklan cantik melainkan nama salah satu jenis varian pempek juga. Pempek Model ikan adalah jenis pempek berkuah mirip tekwan namun ada isi tahu tidak heran sering disebut model tahu, rasanya yang enak dan gurih tidak kalah dengan pempek lainnya. Pempek kuah rebus adalah pempek yang diberi kuah dan pempeknya memang tidak digoreng. Pempek ala palembang yang masuk dalam kategori berkuah ini adalah model ikan dan tekwan ikan sajian sedap.

Gambar Model Ikan Palembang

Pempek model juga terbuat dari Resep Bahan Dasar Pempek pakai ikan atau model tanpa ikan dari adonan bahan dasar pempek bisa dibuat apa saja hanya saja ada modifikasi dan aneka variasi pempek yang berbeda. Begitupun dengan kuah model bisa bisa menggunakan kaldu udang, ayam, dan kuah daging sapi.

Kato Uwong palembang model gendum. Model itu artinya kuah ada lagi model tahu dan model telur Palembang Asli. Memang empek empek model ini ada yang terbuat dari tepung sagu dan ada yang dari gandum namanya resep model gandum Palembang tanpa ikan atau pakai ikan tetap gurih dan lezat.




RESEP MODEL SAGU IKAN

BAHAN :
500 gram ikan segar (Ikan yang enak dibuat tekwan adalah ikan gabus kalau susah pakai ikan tenggiri, ikan parang-parang, ikan senut atau kakap saja, bisa juga dibuat dengan ikan teri, udang, bahkan bisa dibuat tanpa ikan)400 gram tepung sagu1 sendok teh munjung bawang putih halus (agar model tidak terasa amis)1 butir telurGaram halus secukupnyaAir es 3/4 gelasMinyak untuk menggoreng2 buah tahu cina (potong kecil-kecil)MSG (optional tanpa msg)Baca Juga Artikel Menarik : Resep Tekwan

BAHAN KUAH :
250 gram udang, ambil kepalanya lalu rebus jadikan kaldu, potong punggung badan udang(bisa juga diganti dengan 150 gram ebi (udang kering yah bukan udang rebon)5 siung bawang merah7 siung bawang putih3 batang daun bawang, potong 1 cmDaun seledri1 buah bengkuang ukuran kecil, potong memanjang seperti korek apiDaun sedap malam secukupnya, rendam ambil bagian tengah yang kuning (biar tidak pahit) lalu simpulkanJamur kuping secukupnya, rendam lalu potong kecil-kecil1 sendok teh mericaSohun2 Liter airBumbu kaldu (non msg lebih sehat)
CARA MEMBUAT PEMPEK MODEL IKAN PALEMBANG ASLI ENAK :

CARA MEMBUAT BOLA - BOLA MODEL IKAN :
Bersihkan ikan, lalu blender bersama bawang putih halus, telur, garam, dan air esBagi ikan tadi menjadi 4 bagian lalu uleni sedikit demi sedikit, setelah agak kalis bentuk menjadi seperti mangkok, masukan tahu, lalu tutup kembali dan bulatkanGoreng dengan api kecil sambil terus dibolak balik hingga mengembang dan matang sempurnaCARA MEMBUAT KUAH MODEL :
Rebus kepala udang dengan 2 liter airHaluskan bawang merah, bawang putih, merica, lalu tumis bersama badan udang yang sudah diambil kepalanya tadi. Masukkan bengkuang, sedap malam, potongan batang bawang daun, jamur kuping.Tunggu sampai mendidih, masukan garam dan bumbu kaldu secukupnya. Biar lebih enak, rendam dahulu bola-bola model biar bumbu lebih meresap dan enak.Sajikan Pempek model ikan ala palembang bersama minuman resep es kacang merah segar.

RESEP MODEL GANDUM

BAHAN :
250 gram gandum tepung terigu protein sedang1 sendok teh ragi instan3 /4 sendok teh garam225 ml air1 butir telurBAHAN KUAH MODEL :
350 gram daging sapi, dipotong-potong dadu2 liter air2 sendok makan kecap manis1 sendok makan garam1/2 sendok teh penyedap rasa2 sendok makan gula pasir1 sendok teh cuka6 sendok makan bawang goreng untuk taburan3 tangkai seledri, diiris halus untuk taburan2 buah ketimun, dicincang kasar untuk taburan2 sendok makan minyak goreng untuk menumisBUMBU HALUS :
5 butir bawang merah5 siung bawang putih5 butir cengkeh1/2 sendok teh pala bubuk1/2 sendok teh merica bubuk1/2 sendok teh kayu manis bubukCARA MEMBUAT MODEL GANDUM :
Model gandum : aduk rata tepung terigu, ragi, air, garam dan telur. Uleni sampai rata. Diamkan 15 menit dulu.Panaskan minyak goreng diatas api sedang. Sendokkan adonan dalam minyak. Goreng sampai matang. Potong bentuk dadu sisihkan.Kuah : rebus daging dalam air sampai mendidih.Panaskan minyak Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan dalam rebusan air kaldu daging sapi.Tambahkan kecap manis, garam, penyedap rasa dan gula pasir. Masak sampai matang. Tambahkan cuka aduk rata.Sajikan potong-potongan model di mangkok. Siram kuah. Tabur bawang goreng, seledri dan ketimun untuk 6 porsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar