Minggu, 29 November 2015

Pengertian Autobiografi

Pengertian AutoBiografi dan Contoh AutoBiografi


Pengertian AutoBiografi

Menurut (KBBI) autobiografi adalah riwayat hidup hidup pribadi yang ditulis sendiri. Dalam hal ini, autobiografi merupakan catatan dirinya sendiri. Artinya autobiografi adalah sebuah biografi yang didalamnya menceritakan riwayat hidup atau pengalaman pribadi yang ditulis oleh dirinya sendiri. Isi didalam autobiografi berisi tentang pengalaman dari kecil hingga keadaan sang penulis sekarang ini, dari yang paling sulit hingga mencapai keberhasilan yang besar atau prestasi yang dicapainya semasa hidupnya. Penulisan autobiografi didasarkan pada ingatan pengalaman oleh penulis. singkatnya autobiografi adalah perjalanan hidup diri sendiri. 

Contoh AutoBiografi

Nama saya Vikko Satya Syaiffudin. Nama panggilan saya adalah vikko. Saya lahir di kabupaten semarang Semarang, 14 september 1997. Saya anak pertama dari tiga bersaudara. Ayah saya bernama Handoko Mulyo dan iu saya bernama Iin suhartini. Ayah saya sekarang bekerja di perusahaan swasta dan ibu saya adalah seorang ibu rumah tangga. Saat ini saya tinggal di kabupaten semarang, tepatnya di jalan darmawangsa  1A Rt 08/Rw 06 kelurahan langensari barat kecamatan ungaran barat. Adik pertama saya bernama Handika Rizal Iznan Qoiri dan adik terakhir saya bernama Bagas andi Permana. Saya mempuyai hobi berolahraga seperti sepak bola dan pencak silat.

Pada tahun 2004 saya memulai pendidikan di jenjeng sekolah dasar (SD). Saat itu saya bersekolah di SDN 03 Ungaran. Selama enam tahun saya berangkat sekolah di tempat tersebut dengan berjalan kaki.  Setelah saya selesai  pada tahun ajaran 2009/2010 dari jenjang sekolah dasar (SD) dan mendapatkan ijazah. Saya melanjutkan jenjang pendidikan yang selanjutnya yaitu sekolah menengah pertama (SMP). Pada jenjang SMP saya bersekolah di SMP N 4 Ungaran. Di SMP inilah saya menimba ilmu selama 3 tahun lamanya,  Seiring waktu berlalu selama 3 tahun saya menyelesaikan pendidikan pada tahun ajaran 2012/2013 dan saya mendapatkan izajah SMP. Kemudian dilanjutkan ke jenjang berikutnya yaitu sekolah menengah keatas (SMA).  Yang bertempat di SMA N 2 Ungaran yang berjulukan Smada. Sampai sekarang saya masih menuntut ilmu di sekolah tersebut. Tepatnya saya berada pada jurusan ipa bertempat dikelas XI MIA 1. Sekolah yang berada di kecamatan ungaran barat, adalah tempat Saya mengenakan pakaian putih abu-abu.  Saat ini saya pulang dan pergi menggunakan angkutan umum. Saat itu saya memang merasa lelah dan berat dalam mencari ilmu, namun saat itu pula saya sadar, betapa nikmatnya hidup yang diberikan Tuhan saya, yaitu Allah swt., kepada saya. Sebab saya tahu diluar sana masih banyak anak-anak yang bahkan merasakan bangku sekolah dasarpun tidak, apalagi melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi seperti saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar