Senin, 23 November 2015

Manfaat kentang bagi kesehatan

mengetahui tentang berbagai manfaat kentang bagi kesehatan, ikuti terus artikel tentangmanfaat kentang untuk kesehatan di bawah ini.
Sebagian besar dari kita suka makan kentang, kita tidak bisa membayangkan memasak sayuran dan sop tanpa kentang. Nama botani kentang adalah solanum tuberosum dan termasuk dalam keluarga solanaceae. Kentang diyakini ditanam untuk pertama kalinya di daerah Amerika Tengah dan Selatan. Kentang adalah umbi yang tumbuh di bawah tanah dan merupakan tanaman keempat terbesar dunia. Varietas kentang terdiri dari sekitar 5000 jenis yang berbeda, yang tumbuh di seluruh dunia. Manfaat kentang bagi kesehatan adalah sebagai berikut.

Manfaat kentang bagi kesehatan

  • Kentang merupakan sumber yang kaya vitamin C. Unsur vitamin C membuat kentang sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, jantung, dan kulit. Penyakit seperti kudis yang disebabkan karena kekurangan vitamin C, dapat dihindari dengan memasukkan kentang dalam menu makanan sehari-hari.
  • Vitamin B6 yang dikenal untuk membantu mengusir penyakit juga terkandung di dalamnya. Di antara manfaat kentang bagi kesehatan adalah mencegah penyakit jantung, batu ginjal, sindrom pramenstruasi, depresi mental, dsb. Vitamin B6 dalam kentang membuatnya menjadi bahan makanan yang ideal bagi para atlet.
  • Sebuah kentang berisi sekitar 1,6 gr kalium. Kulit kentang mengandung kalium yang tinggi. Kalium sangat penting bagi fungsi tubuh. Bahkan kekurangan kalium (hipokalemia) bisa menyebabkan sensitivitas garam dan tekanan darah tinggi, bahkan menimbulkan sakit kepala.
  • Kentang juga mengandung zat besi dan tembaga. Besi adalah komponen yang paling penting untuk mempertahankan kadar hemoglobin dalam tubuh. Asupan zat besi yang rendah menyebabkan tubuh kekurangan energi, pusing, sakit kepala dan anemia. Tembaga bersama dengan zat besi diperlukan dalam pembentukan sel darah merah.
  • Kentang mengandung karbohidrat yang merupakan sumber energi yang baik. Karbohidrat merupakan bagian utama dari nutrisi kentang. Seperti kita semua tahu, karbohidrat mudah dicerna oleh tubuh kita yang berguna sebagai penghasil energi.
  • Kentang juga mengandung beberapa jumlah serat makanan yang membantu dalam proses pencernaan. Jika anda mengalami diare, anda seharusnya tahu apa yang harus anda makan.

Manfaat kentang lainnya 

Manfaat kentang bagi otak
Kentang sangat penting dalam meningkatkan fungsi otak. Fungsi normal dari otak tergantung pada pasokan oksigen dan glukosa, bersama dengan vitamin dan mineral tertentu. Kentang yang tinggi karbohidrat mempertahankan tingkat glukosa dan dengan demikian mencegah kelelahan pada otak. Karena kentang kaya akan zat besi, pasokan oksigen juga akan terpelihara dengan baik.
Manfaat kentang bagi kulit
Vitamin C bersama dengan mineral seperti seng, magnesium, dan kalium sangat penting bagi kesehatan kulit. Kentang merupakan makanan yang kaya akan unsur di atas dan karenanya secara efektif digunakan untuk perawatan kulit. Kentang digunakan untuk menghilangkan bekas luka, penyembuhan luka kecil dan luka bakar, kulit berjerawat, dan membantu menghilangkan bintik-bintik gelap pada kulit.
Manfaat kentang sebagai penambah berat badan
Kentang yang kaya kandungan karbohidrat juga mengandung sejumlah kecil protein. Hal ini berfungsi sangat baik bagi mereka yang ingin menambah berat badan. Vitamin C dan B kompleks dalam kentang membantu dalam penyerapan karbohidrat.
Meskipun ada banyak manfaat kentang bagi kesehatan, kelebihan konsumsi kentang dapat menyebabkan keasaman dan meningkatkan kadar glukosa darah! Oleh karena itu sangatlah penting untuk mengkonsumsi kentang dalam jumlah yang tepat sehingga akan terasa manfaatnya bagi kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar